"BPS SPT Sudah Ada", Jangan Panik, Ini Solusinya

loading...
loading...
BPS SPT Sudah Ada - Ketika anda mengisi laporan SPT melalui e-filing dan muncul notifikasi "BPS SPT Sudah Ada", pasti panik dan bingung, dan bertanya-tanya kenapa bisa begini. Apa itu BPS SPT Sudah Ada, dan kenapa bisa keluar notifikasi BPS SPT Sudah Ada. Hal ini juga terjadi dengan saya ketika akan melaporkan melalui e-filing SPT PPh 21 Wajib Pajak Orang Pribadi. Bingung, karena tahun-tahun sebelumnya saya juga melaporkan melalui e-filing tapi belum pernah mengalami kendala seperti ini. Jadi, apa yang harus kita lakukan apabila mengalami masalah "BPS SPT Sudah Ada" ?

gambar BPS SPT Sudah Ada
Penampakan notifikasi " BPS SPT Sudah Ada"

1. Mencari informasi di Google Search dengan kata kunci : BPS SPT Sudah Ada

BPS SPT Sudah Ada artinya Bukti Penerimaan Surat Surat Pemberitahuan Tahunan Sudah ada, dengan kata lain kita sudah dianggap pernah melaporkan SPT di tahun yang sama, bisa secara manual, atau pun secara online melalui e-filing. Dalam kasus saya, saya tidak pernah melaporkan SPT saya secara langsung ke kantor pajak. Melaporkan secara online ? nah ini yang sedang saya cari tahu, apakah ini kesalahan sistem yang pada dasarnya SPT saya sudah tersubmit dan sudah diterima di Sistem e-filling, hanya Bukti Penerimaan Elektroniknya (BPE) yang tidak tersampaikan ke email saya.

gambar BPS SPT Sudah Ada
Hasil dari pencarian dengan kata kunci BPS SPT Sudah Ada

Melalui laman-laman di internet, saya belum mendapatkan jawaban yang memuaskan. Rata-rata menyarankan untuk cek di Submit SPT dan klik kirim SPT yang ada dalam daftar konsep SPT lalu cek di Arsip SPT apakah sudah ada. Hasilnya nihil, karena yang keluar tetap notifikasi "BPS SPT Sudah Ada". Ada juga yang bilang coba SPT yang ada didalam daftar konsep SPT dihapus dan kemudian buat lagi SPT baru. Saya coba, hasilnya tetap sama "BPS SPT Sudah Ada".

gambar BPS SPT Sudah Ada
Tetap masih ada di Daftar Konsep SPT

2. Menghubungi akun twitter Kring Pajak 1500200 @kring_pajak

Setelah mencari di laman Google belum menemukan jawabannya, saya coba bertanya di twitter Kring Pajak 1500200 @kring_pajak. Akun twitter kring pajak menganjurkan Coba cek di Menu Arsip SPT atau Submit SPT pada akun efiling. Pastikan tidak ada SPT dgn status yg sama. Jika memang tidak ada, silakan hubungi layanan pengaduan pajak via telepon 1500200 untuk bantuan lebih lanjut. Jika belum bisa menghubungi melelui telepon ke 1500200, dapat menghubungi via e-mail di pengaduan@pajak.go.id atau menghubungi KPP tempat terdaftar utk dicek arsip penyampaian SPT nya.

gambar BPS SPT Sudah Ada
Jawaban dari akun twitter @kring_pajak

Saya belum mendapatkan kepastian disini apakah SPT saya sudah diterima atau belum

3. Melalui chat online di web pajak.go.id

Jam 8 pagi saya sudah siap didepan komputer untuk chat online dengan petugas web pajak.go.id.  Anda bisa lihat di paling bawah sebelah kanan situs pajak,go.id ada logo chat pajak. Ketika sudah bertanda hijau alias online, saya langsung ajak chat, tetapi petugasnya tidak tersedia malah disambungkan untuk di email. Jadi saya skip saja disini.

4. Melalui telepon Kring Pajak 1500200

Nah sebaiknya kalau mau bertanya masalah pajak melalui telepon 1500200 di pagi hari. Karena saya pernah telpon di siang hari nadanya sibuk terus. Jam 8.30 pagi saya telpon alhamdulillah nyambung dan dilayani dengan baik. Saya utarakan permasalahan saya mengenai "BPS SPT Sudah Ada" dan apa saja yang sudah lakukan. Oleh petugas kring pajak saya diminta menyebutkan NPWP dan mereka cek di sistem. Hasil checking mereka, laporan SPT saya sudah masuk. Mungkin ada error disistem sehingga disistem masih dalam bentuk konsep dan tidak ada di arsip SPT. Konsekuensinya hanya saya tidak memiliki Bukti Penerimaan Elektroniknya (BPE). Hal ini tidak masalah bagi saya, yang penting kewajiban saya sebagai wajib pajak untuk melaporkan SPT sudah saya laksanakan. Operator kring pajak juga menyatakan walaupun tidak memiliki BPE tahun ini, pelaporan melalui efiling tahun depan tetap bisa saya lakukan seperti biasanya.

Untuk lebih memastikan apakah benar SPT saya sudah terkirim, operator kring pajak 1500200 memberikan saya nomor telpon Kantor Pajak Pratama (KPP) tempat saya terdaftar.

5. Menghubungi Kantor Pajak Pratama (KPP) tempat terdaftar

Melalui nomor telpon yang diberikan oleh petugas kring pajak 1500200 akhirnya saya tersambung ke Kantor Pajak Pratama (KPP) tempat saya terdaftar. Suara petugas diujung sana nan merdu melegakan hati saya ketika dia mengatakan bahwa laporan SPT saya sudah mereka terima pertanggal yang sama ketika saya klik kirim pertama kali di akun efiling. Ketika saya minta apakah Bukti Penerimaan bisa diemail ke email saya, petugas disana mengatakan tidak bisa karena mereka hanya bisa melihat saja, untuk mencetak Bukti Penerimaan tidak bisa. Yo wis, gak apa-apa. Yang penting sudah terkirim

Kesimpulan dari masalah "BPS SPT Sudah Ada"

Kesimpulannya apabila mengalami masalah seperti ini, segera saja hubungi Kantor Pajak Pratama (KPP) dimana anda terdaftar, karena seluruh data arsip perpajakan kita ujungnya akan disimpan oleh mereka.

Semoga informasi ini bermanfaat.....salam blogger....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to ""BPS SPT Sudah Ada", Jangan Panik, Ini Solusinya"

Post a Comment