Sejarah Asal Mula Nama Poris Plawad

loading...
loading...
Sejarah Asal Mula Nama Poris Plawad - Menilisik asal mula nama daerah sangatlah menarik, apalagi kalau nama daerahnya unik dan sepertinya tidak ada di daerah lain. Salah satunya adalah Poris Plawad, nama kelurahan yang berada di Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Poris Plawad juga adalah tempat saya tinggal sekarang, jadi tambah semangat saya untuk mencari tahu sejarah asal mula nama Poris Plawad.

Setiap kali hadir di acara undangan atau arisan keluarga, cerita dari para tetua bahwa dulu daerah Poris ini terkenal dengan santetnya. Jadi siapa saja yang mau berkunjung ke wilayah Poris harus berhati-hati, jangan bertingkah, jangan salah ucap, dan jangan sombong karena pulangnya nanti bisa-bisa disantet. Sempat juga menemukan di Google ketika mencari Kepanjangan dari PORIS adalah Persatuan Organisasi Remaja Ilmu Santet. Waw, jangan-jangan dari nama organisasi inilah diambil nama PORIS. Ah masa sih, akhirnya dicari lagi ketemulah  Sejarah Asal Mula Nama Poris Plawad.

Asal mula nama Poris Plawad memiliki sejarah yang panjang, yang erat hubungannya dengan jawara wanita, pejuang tangguh yang memerangi kompeni, yang dipanggil Mpok Ris, dan sejarah kayu Plawad yang sering digunakan olehnya sebagai senjata untuk menghalau pasukan penjajah dari wilayah ini. Akhirnya Poris Plawad dikukuhkan sebagai nama daerah yang dihuni oleh Mpok Ris Sang Pendekar yang sangat ditakuti Belanda.

Gambar Mpok Ris Poris Plawad
Katanya Foto Yang Dilingkari adalah Mpok Ris

Selama ini kita mengenal Si Pitung sebagai pendekar yang jadi jagoan Betawi. Ternyata, selain Si Pitung, Betawi juga masih memiliki pendekar hebat bernama Mpok Ris yang selalu saja ditakuti oleh Belanda. Setiap kali menjalankan aksinya, Mpok Ris selalu bisa membuat barisan pasukan Belanda keok dan lari terbirit-birit.

Ketenaran Mpok Ris membuat Belanda selalu waspada dengan gadis asli Betawi ini. Setiap menjalankan tugas di kawasan desa Mpok Ris mereka selalu menghindari Mpok Ris apa pun caranya.

Dikisahkan dalam sejarah bahwa Mpok Ris memiliki wajah yang sangat rupawan. Hal ini menyebabkan banyak pemuda di Betawi mengejarnya terus-terus. Hampir setiap hari Mpok Ris Selalu digoda oleh pemuda Betawi yang berusaha untuk mempersuntingnya meski sangat sulit dan mustahil karena Mpok Ris merupakan gadis yang menyukai petualangan dan perjuangan.

Selain masalah petualangan, Mpok Ris juga dikenal hebat dalam bela diri. Meski dia seorang wanita, kemampuan bela dirinya sangat tinggi sehingga pemuda Betawi yang akan mendekatinya harus berpikir dua kali. Salah bertindak bisa dihajar hingga babak belur dan tidak bisa bangun untuk selamanya.

Mpok Ris berasal dari kampung bernama Cipondoh, Kota Tangerang yang tidak jauh dari sana merupakan gudang dari Belanda. Gudang itu digunakan untuk menyimpan banyak beras yang dijarah oleh Belanda dari masyarakat. Hasil panen dari masyarakat Cipondoh yang ditanam dengan sekuat tenaga mendadak diambil tanpa diberi kompensasi apa-apa.

Penjarahan yang dilakukan oleh Belanda membuat Mpok Ris tidak tahan. Melihat masyarakat terus menderita sementara Belanda berfoya-foya membuat Mpok Ris akhirnya berjuang dan melakukan perlawanan dengan kekuatan yang dia miliki. Dia maju di garis dengan melawan sekelompok pasukan Belanda secara langsung tanpa perlindungan apa-apa. Awalnya Mpok Ris disepelekan karena merupakan seorang wanita. Namun, kemampuannya yang hebat membuat Belanda jadi lari terbirit-birit.

Setelah diremehkan oleh Belanda, Mpok Ris akhirnya menunjukkan kekuatanya. Mpok Ris melancarkan bela diri yang dia pelajari dari beberapa guru. Konon Mpok Ris belajar dari ahli silat Betawi dan ahli bela diri dari Tiongkok. Dia mempelajari semua ilmu silat yang ada sehingga dikenal susah dikalahkan dan juga sakti karena bertarung tanpa senjata api.

Satu-satunya senjata yang dimiliki oleh Mpok Ris adalah batang pohon Plawad. Dengan batang pohon ini, dia bisa memutar balik pasukan bersenjata dari Belanda yang menyerangnya. Kejadian ini tidak sekali dua kali, hampir setiap penyerangan Belanda berhasil dibelokkan oleh Mpok Ris dengan sempurna.

Mau sekuat dan sesakti apa pun, Mpok Ris tetaplah seorang wanita. Dia harus menikah meski tidak banyak orang yang berani mendekatinya. Mengetahui permasalahan ini, ayah dari Mpok Ris akhirnya mengadakan sayembara. Siapa saja yang bisa mengalahkan Mpok Ris bisa mendapatkan pendekar wanita ini dan boleh menikahinya.

Dalam sayembara ini, Mpok Ris berhasil dikalahkan oleh seorang pria yang sakti. Akhirnya Mpok Ris mau tidak mau menikah dengan pria itu. Setelah menikah, kesaktian dari Mpok Ris perlahan-lahan menurun dengan drastis. Ternyata kunci dari kesaktian dari Mpok Ris adalah keperawanannya. Setelah menikah dan bersuami kesaktiannya hilang dan dia mampu diringkus oleh Belanda hingga akhirnya meninggal dunia.

Inilah kisah tentang Mpok Ris yang sangat sakti itu yang akhirnya menjadi nama daerah Poris Plawad. Nah, yang membuat saya penasaran sampai sekarang adalah bagaimana bentuk dari Pohon Plawad, yang batangnya menjadi senjata dari Mpok Ris. Ada yang tahu ? kalau anda ada yang tahu tolong beritahu saya ya, bisa isi di kolom komentar.

Ok Guys, thanks telah membaca cerita ini dan salam bloggers....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Asal Mula Nama Poris Plawad"

Post a Comment